Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia

RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRT BERBANTUAN APLIKASI CANVA DI KELAS VII

Ajijah, Nur (Unknown)
Juidah, Imas (Unknown)
Nasihin, Agus (Unknown)
Kurniyah, Yayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

PenelitianGiniGbertujuanGuntuk mengetahui implementasiGpendekatangGCulturally ResponsiveGTeaching (CRT) yang dipadukan dengan media Canva dalam pembelajaran teks prosedur di SMPN 2 Indramayu. PendekatanGCRT dianggap sesuai dengan latar belakang budaya lokal pesertaGdidik, sedangkan Canva digunakan untuk memperkuat visualisasi materi yang dikemas secara menarik. Metode yangGdigunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden 31 peserta didik kelas VII I. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi, ketertarikan, dan pemahaman peserta didik, ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata dari 57,74 menjadi 91,94. Pendekatan ini terbukti efektif, inovatif, dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bahtera Indonesia adalah jurnal yang ditebritkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Univesitas Wiralodra (Unwir) Indramayu. Jurnal ini merupakan wadah informasi mengenai kebahasaan dan kesusastraan yang memuat hasil penelitian ...