Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar
Vol 9 No 2 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar.

Rahayu, Indah (Unknown)
Sunyono, Sunyono (Unknown)
Rohman, Fatkhur (Unknown)
Muncarno, Muncarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Banjar Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Banjar Agung yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel 46 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian pokok bahasan IPA. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Banjar Agung yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,475 yang berarti bahwa model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pada kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

autentik

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Autentik is a journal published by Elementary School Teacher Education (PGSD), STKIP PGRI Sumenep. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various ...