Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di TK Al-Hadi Raziq Sultan Kota Jambi yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna anak usia 4–5 tahun belum berkembang secara optimal. Dari 10 anak kelompok A, sebanyak 7 anak masih mengalami kesulitan dalam membedakan dan menyebutkan warna dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan cooking class terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 4–5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok A TK Al-Hadi Raziq Sultan yang berjumlah 10 anak, sekaligus menjadi sampel penelitian dengan teknik nonprobability sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan mengenal warna anak setelah mengikuti kegiatan cooking class. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cooking class efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini, khususnya kelompok usia 4–5 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025