Journal of Education Language and Innovation
Vol. 3 No. 2 (2025): In Press

Keefektifan Kalimat pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X MAN 1 Padang Pariaman

Zahra, Hanifa (Unknown)
Zulfikarni, Zulfikarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman dari segi ketepatan penalaran. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman dari segi ketepatan kebahasaan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang akan diperoleh merupakan kata-kata dan kalimat yang diperoleh dari sumber data penelitian.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, dilihat dari segi tepat penalaran yang terdiri dari ide yang logis dan kesatuan ide. Dari segi ketepatan penalaran ditemukan 22 kalimat yang tidak efektif dari segi ide yang logis dalam teks siswa. Kedua, dilihat dari segi tepat kebahasaan ditemukan 25 kalimat tidak efektif dilihat dari segi tepat unsur sintaksis. 47 kalimat tidak efektif dari segi unsur kalimat yang kurang, 7 kalimat tidak efektif dilihat dari segi tunsur kalimat yang kurang, dan 12 kalimat tidak efektif dilihat dari segi unsur kalimat yang paralel. Ketiga, dilihat dari tepat kata dan istilah yang terdiri dari tepat konsep dan tepat konteks pemakaian. Dari segi tepat konsep ditemukan 48 kalimat tidak efektif , dan 40 kalimat tidak efektif dari segi tepat konteks pemakaian. Keempat, dilihat dari segi tepat lafal dan ejaan, ditemukan 40 kalimat tidak efektif dari segi tepat ejaan, dan 68 kalimat tidak efektif dari segi tepat ejaan. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman belum mampu menulis kalimat dengan efektif. Dari hasil yang diperoleh membuktikan bahwa keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman masih rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeli

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education Language and Innovation (JELI) is a peer-reviewed open-access journal that aims to promote language learning and teaching by publishing articles related to the Indonesian language, Indonesian literature studies, linguistics, modern language issues, language in multicultural ...