Serupa : The Journal of Art Education
Vol 14, No 1 (2025)

Penggunaan Strategi Pembelajaran Outdoor Untuk Meningkatkan Kreativitas Berkarya Seni Rupa Siswa Fase F1 Kelas XI SMAN 1 Dua Koto

Asriani, Surya (Unknown)
Wikarya, Yusron (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berkarya seni rupa siswa Fase F1 kelas XI SMAN 1 Dua Koto melalui penerapan strategi pembelajaran outdoor. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Fase F1 kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui 1) lembar observasi guru, lembar observasi siswa, 2) lembar rubrik penilaian kreativitas berkarya 3) lembar angket kreativitas berkarya. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, hasil rata-rata dari lembar rubrik penilaian kreativitas berkaya  pada siklus I mendapat skor 71% dan mengalami peningkatan menjadi 85% pada siklus II, didukung konsistensi data hasil rata-rata angket kreativitas pada siklus I menunjukkan 71% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajan outdoor dapat meningkatkan kreativitas berkarya seni rupa siswa Fase F1 kelas XI SMAN 1 Dua Koto.     

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...