Omega: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika
Vol 4 No 1 (2025): Omega: Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Ngase, Silvester (Unknown)
Pertiwi, Pertiwi (Unknown)
Hasan, Nurhikmah (Unknown)
Harnipa, Harnipa (Unknown)
Taqwin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Galesong Utara. Penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan melibatkan dua kelas sebagai sampel, masing-masing terdiri dari 25 peserta didik. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Hasil analisis data menggunakan uji independent samples t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas (t = 5,495; p = 0,000 < 0,05). Rata-rata nilai posttest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 73,60, sementara pada kelas kontrol hanya 57,00. Temuan ini membuktikan bahwa model Guided Inquiry berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar fisika. Selain itu, model ini juga mendorong keterampilan berpikir ilmiah, pemahaman konsep, serta motivasi belajar peserta didik, sesuai dengan prinsip pembelajaran aktif dalam Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Fisika, Guided Inquiry, Hasil Belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

approach

Publisher

Subject

Physics Other

Description

OMEGA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika merupakan jurnal elektronik dan cetak yang mempublikasikan artikel kajian ilmiah baik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika pada berbagai jenjang maupun dalam bidang kajian sains fisika. Artikel yang dipublikasi dalam OMEGA: Jurnal Ilmu ...