Dewasa ini memiliki kepercayaan diri tentunya berdampak baik untuk kehidupan individu, dengan adanya kepercayaan diri maka individu mampu melaksanakan tugasnya dengan bersungguh-sungguh dan yakin akan keberhasilan. Sebaliknya, jika individu tidak memiliki kepercayaan diri akan merasa pesimis dan tidak bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya. Kurangnya kepercayaan diri ini dapat berdampak tidak baik untuk individu dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan treatment; b) mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sesudah diberikan treatment dengan teknik homeroom; c) mengetahui pengaruh teknik homeroom untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X Di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner berupa skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa dilihat dari hasil post-test yang lebih tinggi dari hasil pre-test serta melalui perhitungan dengan menggunakan analisis data uji Wilcoxon yang menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,018 menjabarkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Homeroom berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022