Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Pengembangan E-LKPD Berorientasi Tri Kaya Parisudha Mata Pelajaran IPAS Pada Peserta Didik Kelas IV di Gugus VI Kecamatan Sawan

Pratiwi, Kadek (Unknown)
Tristaningrat, Made (Unknown)
Wiguna, I (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk Bahasa ajar lembar kerja peserta didik (E-LKPD) ini merupakan salah satu bahan ajar berbasis digital yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu berbantuan platform wizer.me. Permasalahan diangkat adalah keterbatasan E-LKPD yang relevan dengan karakteristik siswa dan integrasi nilai kearifan lokal yaitu salah satu nya Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE yang digunaksan dalam pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) ini, memberikan tahapan yang terstruktur mulai dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Berdasarkan hasil observasi di SD Gugus VI Kecamatan Sawan, terdiri dari 4 Sekolah yaitu SDN 1 Sangsit, SDN 4 Sangsit, SDN 7 Sangsit, dan SDN 1 Kerobokan. Subjek penelitian ini meliputi ahli (media, materi, dan Bahasa), empat untuk kepraktisan guru, dan 40 untuk kepraktisan siswa di SD Gugus VI Kecamatan Sawan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pengembangan E-LKPD dirancang sebagai media pembelajaran IPAS menggunakan aplikasi dan platform seperti Wizer.me, Canva, Pinterest, YouTube, dan Google. Media ini menarik, dilengkapi dengan video ice breaking, materi pembelajaran, dan soal-soal bervariasi yang mudah dipahami oleh peserta didik kelas IV. E-LKPD menyajikan video tentang Membangun Masyarakat yang Beradab. 2) Validitas Produk: Validitas E-LKPD diuji oleh beberapa ahli, dengan skor sebagai berikut: ahli media 0,9, ahli materi 0,9, ahli bahasa 0,9, dan respon dari praktisi (guru) menunjukkan bahwa media ini sangat tinggi dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS. 3) Kepraktisan: Kepraktisan E-LKPD diuji dengan melibatkan 40 siswa, yang menghasilkan skor 95%, dikategorikan sebagai sangat tinggi dan sangat praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...