Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis keterampilan abad 21 dalam memperkuat perilaku Islami peserta didik di SDN 4 Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian terletak pada implementasi keterampilan 3C (Creativity, Collaboration, dan Communication) yang dipadukan dengan nilai-nilai Islami seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran abad 21 mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan kesadaran spiritual, serta menumbuhkan perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih ditemukan kendala berupa keterbatasan fasilitas, kurangnya konsistensi penerapan nilai Islami oleh siswa, serta pengaruh lingkungan luar sekolah. Dengan demikian, pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 berpotensi besar dalam memperkuat perilaku Islami jika didukung strategi pembelajaran yang tepat dan berkesinambungan
Copyrights © 2025