Jurnal Dinamika Sosial dan Sains
Vol. 2 No. 6 (2025): Jurnal Dinamika Sosial dan Sains

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA BOGOR

Raditya Davin Hidayat (Unknown)
Syahrial Addin (Unknown)
Yulia Mujiaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Kinerja secara umum merujuk pada tingkat keberhasilan seseorang dalam menjalankan tugasnya, menjadi faktor kunci keberhasilan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan 45 responden. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, ditunjukkan oleh nilai T hitung -0,325 dan signifikansi 0,747 (> 0,05). Sementara itu, motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan nilai T hitung 3,661 dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Secara simultan, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 23,263 dengan tingkat signifikansi 0,000 (< 0,05). Hal ini menyimpulkan bahwa peningkatan gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama akan berkontribusi positif terhadap peningkatan kinerja pegawai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Journal of Social Dynamics and Science is a scientific journal that publishes research articles, theoretical studies, and critical studies covering various disciplines. This journal focuses on the development of knowledge in the social, scientific, technological and humanistic fields and aims to ...