dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa dengan menggunakan media aplikasi Liveworksheets dan respons siswa terhadap implementasi E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group design menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Langsa sebanyak 2 kelas dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media aplikasi Liveworksheets signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terlihat pada rata-rata n-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran E-LKPD menggunakan Liveworksheets bermuatan etnokimia) sebesar 0,70 termasuk dalam kategori tinggi, sementara n-gain untuk kelas kontrol (pembelajaran konvensional) sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji mann whitney menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata 84,3% (sangat baik) terhadap implementasi media pembelajaran E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheets bermuatan etnokimia dapat meningkatkan kemampuan berpikir ktitis siswa dalam materi asam basa
Copyrights © 2025