Jurnal Atma Inovasia
Vol. 5 No. 5 (2025)

Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Lesson Study di SDN 112 Inpres Bontomanai

Cahyani, Vika Puji (Unknown)
Ahmad, Fandi (Unknown)
Indah Sari, Nur (Unknown)
Jumrah, Elfira (Unknown)
Munawwarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Lesson Study menjadi alat yang sangat berharga dalam memperkaya pengalaman pendidikan bagi guru dan siswa. Namun, di SDN 112 Inpres Bontomanai, penerapan Lesson Study masih menghadapi tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, serta rendahnya budaya kolaboratif dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman guru tentang Lesson Study. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan melalui beberapa tahapan Utama yaitu Sosialisasi, Pelatihan dan Workshop, Pendampingan dan Evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan metode wawancara dengan guru, serta pengukuran pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman guru terhadap Lesson Study. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SDN 112 Inpres Bontomanai, yang berlokasi di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman guru, kemampuan observasi, kerja sama antar guru, motivasi, serta kualitas perencanaan pembelajaran. Semua indikator mengalami peningkatan yang cukup tinggi setelah kegiatan dilakukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Atma Inovasia (JAI) diharapakan dapat menjadi sarana desiminasi pengabdian dari seluruh civitasakademika berbagai disiplin ilmu tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat. JAI diharapkan dapat mengispirasi dan bermanfaat bagi masyarakat secara ...