Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat
Vol 5, No 1 (2025): April 2025

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PENGEM-BANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA SILO BARU

Rohminatin, Rohminatin (Unknown)
Kifti, Wan Mariatul (Unknown)
Amalia, Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Abstract: The development of digital technology has a huge influence on every aspect of life, including the business world. In the era of the digital economy, every business actor must be able to balance every change. The tight competition has resulted in many business actors being unable to survive. One of the current developments is implementing digital marketing or marketing products via the internet such as social media. he obstacle that is often faced is the lack of awareness of business actors, in this case MSMEs, regarding the benefits of social media, The obstacle that is often faced is the lack of awareness among business actors regarding the importance of the benefits of social media for the development of the business being run, so that it becomes an obstacle in business development, especially in the current digital era, loss of competitiveness, ineffective communication with customers and, more importantly, limited product The methods used are presentation, practice and discussion methods  promotion. hrough the Community Service Activities carried out by the Silo Baru Village community, especially MSME actors, they understand the importance of social media in reaching wider customers and can maintain and develop the businesses they run. Keywords: Utilization; Social Media; UMKM Abstrak: Perkembangan teknologi digital sangat berpengaruh pada setiap lini kehidupan termasuk dalam dunia usaha, di era ekonomi digital setiap pelaku usaha harus mampu menyeimbangi setiap perubahan. Ketatnya persaingan mengakibatkan banyaknya pelaku usaha yang tidak mampu untuk bertahan. Salah satu perkembangan sekarang adalah dengan menerapkan marketing digital atau memasarkan produk melalui internet seperti media sosial. Kendala yang sering dihadapi adalah Kurangnya kesadaran pelaku usaha Pentingya  manfaat media social tehadap pengembangan usaha yang dijalankan sehingga menjadi hambatan dalam perkembangan bisnis terutama di era digital saat ini. Beberapa hal yang sering dialami pelaku usaha karena minimnya pengetahuan tentang digital adalah hilangnya peluang pasar, kehilangan daya saing, tidak efektifnya komunikasi dengan pelanggan dan yang lebih penting terjadi keterbatasan promosi produk.Metode yang digunakan adalah metode persentasi, latihan dan diskusi. Melalui Kegiatan PkM yang dilakukan masyarakat Desa Silo Baru khususnya pelaku UMKM memahami pentingnya media social  dalam  menjangkau pelanggan yang lebih luas serta dapat mempertahankan dan mengembangkan usaha yang dijalankan. Kata kunci: Pemanfaatan; Media Sosial; UMKM 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPSTM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat adalah merupakan jurnal ilmiah dengan E-ISSN 2776-7647 yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang terbit pada bulan April dan Desember setiap ...