Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang supervisi kinerja guru dalam perspektif teori pendidikan modern. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kajian pustaka dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis literatur relevan dari buku, jurnal, prosiding, dan penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis isi untuk merumuskan pemahaman komprehensif supervisi kinerja guru dalam perspektif pendidikan modern. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa supervisi kinerja guru dalam perspektif pendidikan modern merupakan proses pembinaan yang menitikberatkan pada pendampingan, pemberdayaan, serta pengembangan kompetensi guru secara utuh. Pergeseran dari supervisi tradisional yang bersifat kontrol menuju supervisi modern yang partisipatif dan demokratis menegaskan bahwa fokus supervisi kini terletak pada peningkatan kualitas guru, baik dari aspek pedagogik, profesional, sosial, maupun kepribadian. Landasan teori pendidikan modern memperkuat praktik supervisi dengan kerangka konstruktivisme, humanisme, manajemen mutu, dan kepemimpinan transformasional. Keseluruhan teori tersebut menjadikan supervisi sebagai proses reflektif, kolaboratif, dan adaptif menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Strategi supervisi modern seperti klinis, akademik, dan e-supervision terbukti memberi dampak positif terhadap profesionalisme guru, kualitas pembelajaran, serta pencapaian tujuan pendidikan nasional yang menyiapkan peserta didik unggul dan kompetitif
Copyrights © 2024