Jambura Journal of Educational Management
Volume 5 Nomor 1, Maret 2024

Supervisi Kinerja Guru dalam Perspektif Teori Pendidikan Modern

Muslim, Muslim (Unknown)
Annur, Saipul (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang supervisi kinerja guru dalam perspektif teori pendidikan modern. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kajian pustaka dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis literatur relevan dari buku, jurnal, prosiding, dan penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis isi untuk merumuskan pemahaman komprehensif supervisi kinerja guru dalam perspektif pendidikan modern. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa supervisi kinerja guru dalam perspektif pendidikan modern merupakan proses pembinaan yang menitikberatkan pada pendampingan, pemberdayaan, serta pengembangan kompetensi guru secara utuh. Pergeseran dari supervisi tradisional yang bersifat kontrol menuju supervisi modern yang partisipatif dan demokratis menegaskan bahwa fokus supervisi kini terletak pada peningkatan kualitas guru, baik dari aspek pedagogik, profesional, sosial, maupun kepribadian. Landasan teori pendidikan modern memperkuat praktik supervisi dengan kerangka konstruktivisme, humanisme, manajemen mutu, dan kepemimpinan transformasional. Keseluruhan teori tersebut menjadikan supervisi sebagai proses reflektif, kolaboratif, dan adaptif menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Strategi supervisi modern seperti klinis, akademik, dan e-supervision terbukti memberi dampak positif terhadap profesionalisme guru, kualitas pembelajaran, serta pencapaian tujuan pendidikan nasional yang menyiapkan peserta didik unggul dan kompetitif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...