Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 2 (2025): September 2025

Populasi Burung Pycnonotidae Di Kawasan Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Rambe, Ilyatul Izzah (Unknown)
Kamal, Samsul (Unknown)
Ahadi, Rizky (Unknown)
Hanim, Nafisah (Unknown)
Dewi, Cut Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Burung memiliki peran penting dalam ekosistem, di antaranya sebagai penyebar biji, penyerbuk, dan pengendali serangga, sehingga keberadaannya dapat dijadikan indikator kualitas lingkungan. Famili Pycnonotidae, khususnya Pycnonotus aurigaster dan Pycnonotus goiavier, merupakan kelompok burung yang umum ditemukan di berbagai tipe habitat dan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Meskipun penelitian tentang keanekaragaman burung di kawasan kampus UIN Ar-Raniry telah dilakukan sebelumnya, kajian yang secara khusus menganalisis kepadatan populasi Pycnonotidae di lingkungan kampus masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan populasi burung Pycnonotidae di kawasan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan pada enam stasiun pengamatan menggunakan metode Variable Circular Plot (VCP), sedangkan perhitungan jumlah spesies burung dilakukan dengan metode Timed Series Counts (TSCs). Hasil penelitian menemukan dua spesies Pycnonotidae dengan total 118 individu, terdiri atas P. aurigaster (77 individu) dan P. goiavier (41 individu). Nilai rata-rata kepadatan populasi sebesar 8,1 individu/km² yang tergolong kategori sedang. Kepadatan tertinggi tercatat di Stasiun 4 (1,9 individu/km²), sedangkan kepadatan terendah terdapat di Stasiun 6 (0,9 individu/km²). Variasi kepadatan dipengaruhi oleh kondisi vegetasi, ketersediaan pakan, dan intensitas aktivitas manusia. Hasil ini menegaskan bahwa kawasan kampus UIN Ar-Raniry berperan sebagai habitat potensial bagi burung Pycnonotidae, sehingga pengelolaan vegetasi yang bijak perlu dilakukan untuk mendukung konservasi burung di lingkungan perkotaan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...