Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa, menganalisis peran kompetensi sosial guru dalam meningkatkan motivasi belajar, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMK Prajnaparamita Malang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada kelas 10 Perhotelan dan 4 guru sejarah di SMK Prajnaparamita Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi kendala berupa perbedaan zaman dan karakter siswa yang beragam dan tantangan dalam menghubungkan materi teoritis dengan kebutuhan praktis siswa. Peran kompetensi sosial guru, meliputi kemampuan berkomunikasi, empati, dan membangun hubungan interpersonal yang positif, sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru yang mampu mempersiapkan siswa dengan orientasi pembelajaran interaktif serta menyesuaikan metode dengan karakter siswa berhasil meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa secara signifikan. Selain itu, faktor internal seperti minat dan kepercayaan diri siswa, serta faktor eksternal seperti dukungan guru, orang tua, dan lingkungan belajar ikut memengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan kompetensi sosial guru adalah kunci utama dalam meningkatkan motivasi belajar sejarah yang berdampak positif pada hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025