Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2025)

Pengembangan Alat Peraga Sistem Rem Cakram Berbahan Akrilik Menggunakan Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TBSM

Ma'ruf, Ahmad Zaenal (Unknown)
Adhetya Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga sistem rem cakram berbahan akrilik berbasis Liveworksheet guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi sistem pengereman di SMK Miftahus Sa’adah Wirosari. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, dengan hasil penilaian berturut-turut sebesar 80,21% dan 89,77% yang dikategorikan sangat baik. Uji validitas menunjukkan seluruh butir soal valid, sedangkan reliabilitas instrumen memperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,241. Implementasi alat peraga dilakukan melalui pretest dan posttest terhadap 30 peserta didik. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga. Nilai N-Gain sebesar 53,17% menunjukkan efektivitas sedang. Respon peserta didik terhadap media juga sangat positif, dengan 93,34% menyatakan media layak digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga sistem rem cakram akrilik yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran praktik untuk meningkatkan pemahaman siswa secara visual dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...