Keterampilan menulis teks argumentatif merupakan bagian penting dalam pengembangan literasi kritis siswa, namun masih menjadi tantangan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi Quillbot dalam meningkatkan kemampuan menulis teks argumentatif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Sebanyak 40 siswa terlibat, terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis (pra dan pascaperlakuan), observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji independent sample t-test dan perhitungan skor N-Gain menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata skor meningkat dari 68,00 menjadi 84,10 dan skor N-Gain sebesar 78,42% (kategori tinggi). Kelompok kontrol mengalami peningkatan dari 66,20 menjadi 76,45 dengan skor N-Gain 53,75% (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi Quillbot memberikan kontribusi positif terhadap struktur kalimat, ketepatan tata bahasa, dan pilihan diksi siswa dalam menulis teks argumentatif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap inovasi pembelajaran menulis berbasis teknologi di SMK, serta membuka peluang pemanfaatan kecerdasan buatan dalam meningkatkan kualitas literasi akademik.
Copyrights © 2025