Guru memiliki peran penting dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis cerpen, khususnya dalam menciptakan plot twist yang menarik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam membangun kreativitas menulis cerpen dengan plot twist pada siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data berupa analisis teks cerpen siswa dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan dua strategi utama, yaitu Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir serta Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen. Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir digunakan untuk memberikan pengetahuan dasar menulis cerpen, sedangkan Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen digunakan untuk membangun plot twist. Berpikir lateral mendorong siswa menggunakan sudut pandang berbeda dan out of the box, sementara berpikir divergen merangsang siswa menghasilkan ide-ide beragam dan orisinil. Data karya cerpen siswa menunjukkan kombinasi kedua strategi ini menghasilkan plot twist yang mengejutkan, beragam, dan inovatif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pembelajaran menulis di sekolah menengah atas, terutama dalam hal pembentukan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan yang sistematis. Temuan ini dapat menjadi rujukan dalam perancangan strategi pembelajaran menulis kreatif yang lebih efektif dan bermakna di kelas.
Copyrights © 2025