Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (4)

Peran Layanan Perpustakaan SMP Suster Pontianak dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar

Daspama, Dolla Rezna (Unknown)
Madeten, Sisilya Saman (Unknown)
Hanum, Atiqa Nur Latifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki fungsi strategis dalam meningkatkan literasi, kreativitas, serta kemandirian belajar peserta didik. Peran tersebut diwujudkan melalui penyediaan sumber informasi yang relevan, pelaksanaan kegiatan literasi, serta dukungan terhadap pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan perpustakaan dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Suster Pontianak serta untuk mengetahui bentuk layanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam terhadap lima informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling, observasi aktivitas perpustakaan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara sistematis guna memperoleh temuan yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan berperan aktif dalam mendukung kurikulum melalui penyediaan koleksi buku yang sesuai, pelaksanaan kegiatan seperti pojok baca dan diskusi buku, serta kolaborasi dengan guru dalam kegiatan pembelajaran. Namun demikian, ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan infrastruktur digital, kurangnya ruang baca yang memadai, dan dan layanan yg masih manual. Meskipun demikian, perpustakaan tetap menjadi sarana penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan fasilitas perpustakaan, perluasan akses digital, serta penguatan kolaborasi antara pustakawan dan tenaga pendidik agar perpustakaan dapat berfungsi optimal sebagai pusat pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...