Mores: Jurnal Pendidikan, Moral dan Kewarganegaraan
Vol. 3 No. 2 (2025): September

Peran Guru dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Suara Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka

Rismayanti (Unknown)
Irawaty (Unknown)
Nerlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 40 Buton, (2) faktor pendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam  kurikulum  merdeka, (3) faktor penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 4 guru fasilitator P5 dan informan penelitian terdiri dari koordinator P5, dan 2 orang siswa kelas VII dan 2 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi di SMP Negeri 40 Buton sudah berjalan dengan baik yaitu peran guru sebagai perencana projek, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pendamping, peran guru sebagai supervisor dan konsultan peran guru sebagai moderator. Faktor pendukung  implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi yaitu adanya semangat dan antuasiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, adanya dukungan dari lingkungan sekolah, dan saling dukung dan kolaborasi antara guru. Faktor penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi adalah profil pelajar Pancasila yang merupakan bagian dari kurikulum baru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Mores: Jurnal Pendidikan, Moral dan Kewarganegaraan adalah jurnal yang memuat hasil penelitian bidang pendidikan yang berfokus pada masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Humaniora terutama dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan nasional dan pengembangan berbagai aspek ...