Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik yang layak digunakan. Model pengembangan LKPD yang digunakan adalah 4D Models yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini dilengkapi dengan silabus, RPP, instrumen tes penguasaan konsep dan instrument tes kreativitas. Kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh berdasarkan penilaian angket dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Reliabilitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan anlisis Percentage of Agreement, sedangkan analisis efektivitas peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik diperoleh dari perhitungan nilai N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata validitas ahli 3,50 dan validitas praktisi 3,47 dengan kategori sangat valid. Kemudian nilai reliabilitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata untuk validator ahli dan validator praktisi yaitu 96,2% dan 97,2% yang berarti perangkat yang dikembangkan sangat valid. Selanjutnya, untuk perolehan nilai N-Gain dalam uji coba terbatas diperoleh rata-rata nilai tes penguasaan konsep 0,64 dan tes kreativitas 0,61 yang berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022