Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan video animasi berbasis procreate materi siklus air di kelas V SDN 5 Mataram; (2) mengevaluasi kepraktisan video animasi berbasis Procreate sebagai media pembelajaran materi siklus air di kelas V SDN 5 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, dengan melibatkan 23 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil validasi ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 96%, sementara validasi dengan kategori sangat layak dan oleh ahli materi memperoleh nilai 77% dengan kategori layak. Angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan siswa menghasilkan skor masing-masing sebesar 96% dan 90% keduanya dikategorikan sangat praktis. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis Procreate sangat praktis dan valid digunakan sebagai media pembelajaran. Rekomendasi penelitian ini mencakup penerapan media serupa dalam pembelajaran topik lain guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar.
Copyrights © 2025