Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Fase F Pada Materi Momentum Dan Impuls Di SMAN 6 Mataram

Sari, Rosita (Unknown)
Hikmawati, Hikmawati (Unknown)
Kosim, Kosim (Unknown)
Rahayu, Satutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi momentum dan impuls kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Mataram yang berjumlah empat  kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI. 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa esai sebanyak 9 soal keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya beda soal. Hasil nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi posttest peserta didik diperoleh pada kelas eksperimen adalah 81,02 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,07. Data posttest yang telah diuji normalitas dan dilanjut dengan uji hipotesis menggunakan uji-t  polled varians dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis nilai thitung  2,367 lebih besar dari ttabel 2,002  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kriteria nilai thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Fase F pada materi momentum dan impuls di SMAN 6 Mataram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...