Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI di SDN 1 Tamansari dengan menggunakan media wordwall.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK. Adapun model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain PTK Kemmis. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes . Teknik dalam analisis data yaitu menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam hasil belajar matematika.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik yang terlihat pada siklus I dan siklus II dalam pelajaran Matematika kelas VI di SDN 1 Tamansari. Adapun hasil analisis data yang diperoleh yaitu pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 15 orang dan yang tidak tuntas 16 orang dengan persentase ketuntasan 48 % dan ketidaktuntasan 52 %. Selain itu, pada siklus II terjadi peningkatan dengan data jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 31 orang dan yang tidak tuntas 0 orang dengan persentase ketuntasan mencapai 100 % dan ketidaktuntasan 0 %.Dengan demikian penggunaan media Wordwall yang berbasis permainan berteknologi dapat meningkatkan hasil peserta didik pada pembelajaran Matematika pada kelas VI di SDN 1 Tamansari.
Copyrights © 2025