Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi permainan tradisional Tapa Gala dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak di TK Yaa Karim, Kota Bima. Salah satu permainan tradisional yang dapat dimanfaatkan sebagai metode dalam mengembangkan aspek sosial-emosional anak adalah permainan Tapa Gala. Permainan ini, yang merupakan bagian dari warisan budaya lokal, memiliki potensi untuk meningkatkan interaksi sosial dan keterampilan emosional anak melalui aktivitas kelompok yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional Tapa Gala, perkembangan sosial emosional anak dapat didorong secara positif, sekaligus meningkatkan kemampuan motorik kasar mereka. Melalui aktivitas yang menekankan kerja sama, disiplin, dan saling mendukung, permainan Tapa Gala memberikan dampak yang signifikan terhadap penguatan keterampilan sosial emosional anak usia dini di TK Yaa Karim, Kota Bima.
Copyrights © 2025