Kemampuan literasi membaca anak yang rendah disebabkan oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang menarik. Hal ini mengakibatkan anak belum mampu membedakan huruf yang memiliki bentuk yang sama, membedakan bentuk dan nama huruf, menyusun kata, serta belum mampu mengeja dan menuliskan nama sendiri. Penelitian ini menghadirkan kebaruan dalam upaya peningkatan kemampuan literasi membaca anak melalui media belajar yang menarik dan inovatif berbasis teknologi yakni wordwall game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wordwall game terhadap kemampuan literasi membaca anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one grup pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan di PAUD Rabbani Desa Montong Gamang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall game memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi membaca anak kelompok B PAUD Rabbani Desa Montong Gamang. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (Hâ‚€) ditolak dan hipotesis alternatif (Hâ‚) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi membaca anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media wordwall game. Kesimpulan ini memperkuat temuan bahwa media wordwall game efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025