Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Pengembangan Media Cerita Bergambar (Komik) Materi Mengenal Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 35 Cakranegara

Chairunnisa, Lulu (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)
Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Motivasi belajar sangat penting dalam memberikan semangat kepada siswa serta berperan dalam membimbing perilaku belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cerita bergambar (komik) materi mengenal tubuh tumbuhan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 35 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 35 Cakranegara, yang terdiri dari 19 siswa dan 1 guru sedangkan objek pada penelitian ini adalah media cerita bergambar (komik). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Berdasarkan hasil kevalidan media cerita bergambar (komik) hasil uji validasi ahli materi memperoleh persentase 88% kategori sangat valid dan hasil uji validasi ahli media memperoleh persentase 91,81% kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada respon siswa uji coba kelompok kesil memperoleh persentase 89% kategori sangat praktis, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 90,81% kategori sangat praktis dan respon guru memperoleh persentase 88% kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media cerita bergambar (komik) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi mengenal tubuh tumbuhan yang dapat meningkat motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...