Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Cerdas Terhadap Hasil Belajar Metamorfosis Makhluk Hidup Muatan IPAS Siswa Kelas III SDN Ngeru

Berliani, Dwi Sinta (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Handika, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran monopoli cerdas terhadap hasil belajar metamorfosis makhluk hidup muatan IPAS siswa kelas III SDN Ngeru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen, subjek yang digunakan sebanyak 34 siswa terdiri dari kelas III-A 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B 14 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar soal. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa nilai dari post-test sebesar 4,677 dan nilai yang diperoleh berdasarkan nilai derajat kebebasan (dk) = 32 yaitu 2,037 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa > dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rerata hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran monopoli cerdas terhadap hasil belajar metamorfosis makhluk hidup muatan IPAS siswa kelas III SDN Ngeru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...