Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Jhon Fisher Wekbelar, Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, siswa, dan observasi langsung terhadap kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Peran tersebut meliputi: (1) sebagai pemimpin visioner, (2) sebagai pemimpin manajerial, (3) sebagai pemimpin intruksional, (4) sebagai pemimpin motivator, dan (5) sebagai pemimpin disiplin dan pengawasan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, (1) kepatuhan terhadap aturan sekolah, (2) kedisiplinan akademik, (3) kedisiplinan sosial dan etika, (4) kemandirian dan tanggung jawab pribadi.
Copyrights © 2025