Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Konten Video Tiktok @Gejapramono Terhadap Minat Pemahaman Sejarah Kedaerahan Generasi Z (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Pengikut Akun Tiktok @Gejapramono)

Arnalda, Adria Farhan (Unknown)
Hufad, Achmad (Unknown)
Praja, Wina Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konten video edukasi sejarah dari akun TikTok @gejapramono terhadap minat Generasi Z dalam memahami sejarah kedaerahan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi edukatif di kalangan generasi muda yang lahir dan tumbuh di era digital. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 400 responden yang dipilih secara purposive. Teori yang digunakan adalah Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara paparan konten sejarah dengan minat belajar (R² = 0,145). Analisis regresi linier berganda juga mengindikasikan bahwa indikator frekuensi, atensi, dan durasi konten secara simultan memiliki pengaruh yang lebih kuat (R² = 0,323). Temuan ini menegaskan bahwa konten edukatif berbasis media sosial, khususnya TikTok, berpotensi menjadi media pembelajaran yang relevan dan efektif bagi Generasi Z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...