Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran membaca cerpen di sekolah. Pertama, banyak siswa kurang mampu menemukan gagasan pokok dan detail penting dalam cerpen sehingga pemahaman mereka terhadap isi teks masih rendah. Kedua, siswa cenderung hanya membaca sekilas tanpa strategi membaca yang terarah, sehingga makna yang diperoleh tidak mendalam. Ketiga, dalam proses pembelajaran, guru belum secara optimal menggunakan metode membaca yang sistematis untuk membantu siswa memahami teks secara bertahap. Kondisi ini menyebabkan keterampilan membaca cerpen siswa belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan efektivitas penggunaan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one grup pretest-postterst design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Padang yang berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) pada siswa kelas XI SMA Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan membaca cerpen sesudah menggunakan metode PQRST siswa kelas XI Padang memperoleh nilai rata-rata 86,00 dengan klasifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Dengan kata lain, integrasi penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Padang cukup bagus dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025