Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis Canva pada mata kuliah Kuliner Asia, khususnya materi hidangan Korea dan Filipina di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate); (2) mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan validasi dari ahli materi, media, dan desain; serta (3) mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap media tersebut. Model pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada para ahli dan mahasiswa, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan konversi skor ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan media menggunakan tahapan 4D dilakukan secara sistematis: (a) define, dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran; (b) design, penyusunan materi, menentukan tema, membuat slide dan narasi; (c) develop, untuk pengembangan serta validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain; (d) disseminate, untuk menyebarkan media secara terbatas kepada dosen dan mahasiswa dan mencari respon mahasiswa; 2) media pembelajaran PowerPoint interaktif yang dikembangkan memiliki kelayakan “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli dengan persentase: ahli materi 92,5%, ahli media 93,5 %, ahli desain pembelajaran 97,14%. dan media yang dikembangkan dinyatakan “sangat positif” dengan persentase sebesar 88,98%. Dengan demikian, media pembelajaran PowerPoint interkatif ini sangat positif digunakan sebagai alternatif yang menarik dalam pembelajaran Kuliner Asia.
Copyrights © 2025