Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus-September 2025)

Analisis Kemampuan Kognitif Guru terhadap Mutu PAUD di Kecamatan Sumowono dan Bandungan

Susanti, Erma Windu (Unknown)
Nyoman Murniati, Ngurah Ayu (Unknown)
Abdullah, Ghufron (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Kemampuan kognitif guru merupakan hal penting dalam peningkatan mutu PAUD. Kemampuan kognitif guru dalam penelitian ini mencakup aspek-aspek pemahaman konseptual, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan berpikir logis. Hasil observasi pendahuluan menunjukkan kemampuan kognitif guru masih cukup. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap mutu PAUD di Kecamatan Sumowono dan Bandungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah semua populasi guru PAUD di Kecamatan Sumowono dan Bandungan berjumlah 121 orang. Analisis penelitian ini meliputi Uji Prasyarat dan  Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Kemampuan Kognitif guru berpengaruh positif terhadap Mutu PAUD berdasarkan hasil uji t terbukti thitung ≥ ttabel 11,993  > t tabel 1,657   dan tingkat signifikansi t hitung 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh Kemampuan Kognitif guru terhadap variabel Mutu PAUD adalah 43,5%. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan kognitif guru dengan mutu PAUD. Rekomendasi diberikan pada semua PAUD untuk lebih fokus pada stimulasi kemampuan kognitif guru melalui kurikulum dan metode pembelajaran yang inovatif. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan perlunya peningkatan kompetensi guru PAUD dalam merancang aktivitas yang dapat mengoptimalkan kemampuan anak, yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu layanan pendidikan yang diberikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...