Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penyusunan bahan ajar digital berbasis Flipbook pada mata kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman. Teknik atau metode pelaksanaan Pengabdian dilakukan melalui lima tahap yaitu analisis pemetaan kebutuhan materi bahan ajar melalui Focus Group Discussion (FGD), desain bahan ajar, uji coba, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari FGD menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang visualitatif, aplikatif, dan interaktif. Untuk itu, flipbook dibangun dengan tujuan menghasilkan bahan ajar yang aplikatif dan interaktif sesuai dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PBL) dan kurikulum berbasis hasil (OBE). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan Flipbook berpotensi meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Mulawarman pada mata kuliah metodologi penelitian yang ditunjukkan dengan hasil pre-test 59,25 menjadi 85,00 post-test. Mahasiswa juga menganggap Flipbook yang disusun menarik, mudah digunakan, dan relevan dengan materi kuliah. Terakhir, bahan ajar digital berbasis Flipbook tersebut juga terbukti efektif dalam mendorong pembelajaran interaktif, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penelitian, dan membantu transisi pendidikan menuju era digital.
Copyrights © 2025