Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif
Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025

Strategi Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Masyarakat

Styo Budi Utomo (Unknown)
Zahro, Dean Syafira (Unknown)
Nurul Aini (Unknown)
Nurul Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang efektif dalam membangun kemandirianekonomi masyarakat di Kelurahan Pamulang Timur. Kemandirian ekonomi merupakan aspek penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi ketergantungan pada bantuan eksternal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode partisipatif, dimana masyarakat dilibatkan secara aktif dalam proses identifikasi potensi lokal, masalah yang dihadapi, serta perumusan solusi. Analisis SWOT digunakan untuk menggali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di Kelurahan Pamulang Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelurahan Pamulang Timur memiliki beberapa potensi ekonomi yang dapat dikembangkan, seperti sektor perdagangan, usaha kecil menengah (UKM), dan pertanian perkotaan. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup kurangnya akses permodalan, rendahnya keterampilan manajerial, serta minimnya akses pasar. Untuk mengatasi tantangan ini, strategi yang diusulkanmeliputi pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan keterampilan, fasilitasi akses permodalan, pengembangan jaringan pasar, serta kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta. Penerapan strategi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya kemandirian ekonomi masyarakat, meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Pamulang Timur secara berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JLKK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Lokabmas Kreatif : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak ...