AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 2, No 1 (2025): Juni 2025

Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar PAI di SMP IT As-Sajadah Pekanbaru

Sihombing, Hanissa Wandansari (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)
Hamdani, Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pergaulan teman sebaya dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP IT As-Sajadah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa angket/kuesioner dengan skala Likert yang melibatkan 79 siswa kelas IX. Analisis regresi dipilih untuk mengidentifikasi dampak relatif masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergaulan teman sebaya (0,052 0.05) dan dukungan keluarga (0,00 0.05, thitung 7,283 ttable1,668) nmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI. Sedangkan pengaruh teman sebaya dan keluarga secara simultan sebesar 41% terhadap tingkat hasil belajar PAI. Penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar PAI di sekolah Islam terpadu, khususnya peran pergaulan teman sebaya dan dukungan keluarga.  Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar sekolah dan keluarga dirumah berkolaborasi untuk mengembangkan program pembinaan akhlak dan karakter siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...