Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa semester II Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan keimanan serta implikasinya dalam pembentukan perilaku prososial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 26 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang tinggi terhadap nilai kemanusiaan dan keimanan, dengan 57,7% responden menilai Baik dan 30,8% Sangat Baik. Sebagian besar mahasiswa juga menyatakan bahwa mata kuliah berpengaruh terhadap cara mereka berinteraksi (77%), sering hingga sangat sering menerapkan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari (84,6%), serta aktif terlibat dalam kegiatan prososial (57,7%). Selain itu, 80,7% responden meyakini bahwa penerapan nilai-nilai tersebut berdampak positif bagi komunitas sekitar kampus. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis nilai kemanusiaan dan keimanan berkontribusi signifikan terhadap pembentukan perilaku prososial mahasiswa, meskipun penelitian ini masih terbatas pada jumlah responden yang kecil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025