Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 5, No 1 (2024): J-P3K APRIL

Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial pada Mahasiswa

Tarigan, Beby Astri (Unknown)
Salim, Alvin Karuna (Unknown)
Tanary, Christy (Unknown)
Arsandi, Ervina (Unknown)
Elvinawanty, Rianda (Unknown)
Safarina, Nur Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Prima Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa/Mahasiswi jurusan Sistem Informasi di Universitas Prima Indonesia Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah: Mahasiswa/Mahasiswi Jurusan Sistem Informasi di Universitas Prima Indonesia yang berjumlah 186 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner kepada sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis mayor menyatakan bahwa terdapat hubungan antara Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik dengan uji F = 64,378 dan sig. = 0.000 (p0.005). Hasil analisis hipotesis minor menunjukkan adanya hubungan antara self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik (p = 0.000 (p0.05) dan β = 0,928) dan adanya hubungan antara dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik (p =0,042 (p0,05) dan β =  -0,317). Uji asumsi terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedasitas. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear berganda melalui bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif sebesar 40,7 persen yang diberikan oleh Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial, selebihnya 59,3 persen diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...