JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Pengembangan E-Flipbook IPAS Materi Keanekaragaman Hayati Kelas V Berbantuan Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kusumawardani, Sani (Unknown)
Prasetyaningtyas, Fitria Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

ketergantungan yang terlalu besar pada buku teks sebagai sumber utama pembelajaran dapat membatasi kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia nyata, khususnya dalam memahami keanekaragaman hayati secara kontekstual. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes (pretest-posttest) dan non-tes (wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi ahli). Analisis data meliputi uji normalitas, uji T-test, dan uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Flipbook dinyatakan sangat valid, dengan skor 88% (ahli materi) dan 86% (ahli media), sehingga layak diujicobakan. Uji efektivitas membuktikan media ini signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, dengan nilai T-test 0,00 (berarti ada perubahan perilaku belajar) dan N-Gain 0,76 (skala kecil) serta 0,72 (skala besar) yang tergolong "tinggi". Media ini tidak hanya menjadi solusi inovatif bagi guru dalam menyampaikan materi secara interaktif, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada metode konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...