ketergantungan yang terlalu besar pada buku teks sebagai sumber utama pembelajaran dapat membatasi kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia nyata, khususnya dalam memahami keanekaragaman hayati secara kontekstual. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes (pretest-posttest) dan non-tes (wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi ahli). Analisis data meliputi uji normalitas, uji T-test, dan uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Flipbook dinyatakan sangat valid, dengan skor 88% (ahli materi) dan 86% (ahli media), sehingga layak diujicobakan. Uji efektivitas membuktikan media ini signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, dengan nilai T-test 0,00 (berarti ada perubahan perilaku belajar) dan N-Gain 0,76 (skala kecil) serta 0,72 (skala besar) yang tergolong "tinggi". Media ini tidak hanya menjadi solusi inovatif bagi guru dalam menyampaikan materi secara interaktif, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada metode konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025