JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 2 (2025): Mei

Pengembangan Media Kartu Unoya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 1 Gumelar

Fitria, Sekar Dita (Unknown)
Putra, Galih Mahardika Christian (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menilai efektivitas media pembelajaran Kartu Unoya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, T-test, dan N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu Unoya layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media (88%) dan ahli materi (95%). Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain kelompok kecil sebesar 0,5931 dan kelompok besar sebesar 0,5837, keduanya dalam kriteria sedang. Hasil uji T-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Unoya efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...