Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SDK Wolowio melalui media permainan ludo. Permasalahan yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep numerasi, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa, dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan numerasi siswa. Pada siklus I, skor rata-rata siswa adalah 57,5% dengan ketuntasan 20%, sementara pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 76,25% dan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media permainan ludo dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif, serta membantu siswa memahami konsep numerasi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif
Copyrights © 2025