Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Pengaruh Pendidikan Kesehatan ASI Eksklusif terhadap Breastfeeding Self Efficacy

Laisouw, Meilany (Unknown)
Viqy Lestaluhu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan derajat kesehatan bayi. Namun, cakupan ASI eksklusif di Indonesia masih belum optimal. Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan menyusui adalah breastfeeding self-efficacy (BSE), yaitu keyakinan ibu terhadap kemampuannya untuk menyusui. Pendidikan kesehatan tentang ASI eksklusif berpotensi menjadi intervensi efektif dalam meningkatkan BSE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan ASI eksklusif terhadap breastfeeding self-efficacy pada ibu menyusui. Metode Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel berjumlah 30 ibu menyusui yang terbagi menjadi kelompok intervensi (n=15) dan kelompok kontrol (n=15), dipilih dengan teknik consecutive sampling. Kelompok intervensi diberikan pendidikan kesehatan ASI eksklusif. Data BSE dikumpulkan menggunakan kuesioner Breastfeeding Self-Efficacy Scale Short Form (BSES-SF) dan dianalisis dengan independent t-test. Rata-rata skor BSE pada kelompok intervensi meningkat signifikan didandingkan dengan kelompok kontrol. Uji perbedaan antar kelompok pada posttest menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001). Pendidikan kesehatan ASI eksklusif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan breastfeeding self-efficacy pada ibu menyusui. Intervensi ini dapat diintegrasikan ke dalam pelayanan kebidanan sejak masa antenatal hingga postnatal untuk mendukung keberhasilan program ASI eksklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...