Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Siswa SMPN 30 Padang

Syauqi, Rahmat Fajri As (Unknown)
Nelwati, Sasmi (Unknown)
Rehani, Rehani (Unknown)
Rahman, Habib Khalilur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 29 peserta didik yang seluruhnya dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y=18,70+0,71Xy = 18,70 + 0,71Xy=18,70+0,71X. Hasil pengujian signifikansi dengan uji F menggunakan aplikasi SPSS 25 menunjukkan nilai Fhitung = 44,99 lebih besar daripada Ftabel = 4,21. Berdasarkan kaidah pengujian hipotesis, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...