Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Makna Budaya Kerja dan Etos Kerja dalam Mewujudkan Prestasi Kerja Dosen di Universitas Bina Mandiri Gorontalo: Penelitian

Mantau, Desy (Unknown)
Tahir, Arifin (Unknown)
Rachman, Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna budaya kerja dan etos kerja dalam kaitannya dengan peningkatan prestasi kerja dosen, khususnya pada aspek publikasi ilmiah di Universitas Bina Mandiri Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-interpretatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja berfungsi sebagai kerangka yang memberikan arah, aturan, dan standar dalam pelaksanaan tugas akademik, sementara etos kerja menjadi kekuatan internal yang menjaga komitmen, integritas, dan konsistensi produktivitas ilmiah dosen. Temuan juga mengungkap bahwa dukungan kelembagaan, melalui penyediaan fasilitas, program pelatihan, hibah penelitian, serta insentif publikasi, berperan penting dalam memperkuat budaya kerja sekaligus menumbuhkan etos kerja. Sinergi antara budaya kerja, etos kerja, dan dukungan institusional terbukti menjadi fondasi utama dalam mendorong peningkatan prestasi akademik, baik pada level individu maupun institusi. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi Universitas Bina Mandiri Gorontalo dalam memperkuat strategi manajemen sumber daya manusia, serta kontribusi teoretis terhadap pengembangan kajian manajemen kinerja dosen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...