Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Kemampuan Kerjasama Tim Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurmala Hati

Maswah, Miftah Nuriyatul (Unknown)
Watini, Sri (Unknown)
Priyanti, Nina Yuminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kerja sama sebagai bagian dari perkembangan sosial emosional anak usia dini, yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan belajar yang menyenangkan seperti permainan edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif terhadap kemampuan bekerja sama tim anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelas A TK Nurmala Hati, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan bekerja sama tim anak. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Y = 5,847 + 0,974X, dengan nilai t hitung 6,849 > t tabel 2,101 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,707, yang berarti permainan edukatif memberikan kontribusi sebesar 70,7% terhadap kemampuan bekerja sama tim, sedangkan 29,3% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...