Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara, salah satunya melalui pendidikan kewirausahaan. Technopreneurship merupakan salah satu generasi baru dari pengembangan model kewirausahaan pada umumnya yang muncul sebagai akibat dari perkembangan teknologi, revolusi industri dan transformasi digital. Tujuannya tidak jauh dari pengembangan pasar ekonomi dengan digitalisasi teknologi. Akan tetapi, sebagian besar lembaga pendidikan tidak memiliki pemahaman yang memadai dan jelas tentang kewirausahaan terutama kewirausahaan berbasis teknologi yang sudah mulai diterapkan, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang efektif agar siswa mampu menangkap pemahaman dan konsep technopreneurship. Harapannya siswa dapat mengimplementasikan dalam dunia pekerjaan. Model pembelajran yang memungkinkan dapat digunakan yaitu model pembelajatan berbasis multimodal. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas dari modal pembelajaran technopreneurship berbasis modal untuk meningkatkan kreativitas wirausaha pada pendidikan kesetaraan. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi serta wawancara terhadap 10 partisipan dengan latar belakang sebagai siswa pendidikan kesetaraan dan pengajar di sekolah kesetaraan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis multimodal menciptakan sistem pembelajaran yang lebih interaktif, komunikatif, dan aktif. Pada bidang technopreneurship, pembelajaran berbasis multimodal mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, sehingga mereka dapat mendiskusikan sesuatu dengan baik. Pendidikan kewirausahaan berbasis teknologi tentu saja selalu memanfaatkan teknologi untuk ikut andil dalam bisnis yang dikembangkan, oleh karena itu kurikulum pendidikan kewirausahaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar bisnis. Teknologi meningkatkan literasi multimodal siswa, hal tersebut berdampak positif terhadap pengembangan produk, inovasi, ide, gagasan dan pendapat siswa menjadi lebih luas dan mendorong siswa menjadi lebih kreatif dalam menciptakan inovasi yang memiliki nilai jual yang tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025