Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Make Over Di Kota Medan

Sitepu, Renatha Renchiski Br (Unknown)
Mardhiyah , Ainun (Unknown)
Siregar , Onan Marakali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Pada Era digital yang semakin maju, perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia bisnis. Salah satu dampak terbesar dari perubahan ini adalah pergeseran metode pemasaran yang sebelumnya lebih banyak dilakukan secara konvensional, kini beralih ke digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh strategi digital marketing dan citra merek (brand image) terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik Make Over di Kota Medan. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai efektivitas pemasaran digital dan peran citra merek dalam mendorong keputusan pembelian produk kosmetik di pasar lokal tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data prime dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Make Over di Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaiitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan indikator utama berupa aksesibilitas informasi, interaktivitas, kredibilitas, dan informasi yang disampaikan melalui platform digital. Selain itu, brand image juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Uji koefisien determinansi menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara digital marketing, brand image dan minat beli dengan nilai R sebesar 81,3%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...