Bioteach : Biology and Biology Education Journal
Vol. 2 No. 02 (2025): Volume 02 Nomor 02 (September 2025)

Penerapan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di Kelas X SMA 8 Negeri Makassar

Selsiani (Unknown)
Ismail (Unknown)
Suryani, A. Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Perubahan Lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Sampel yang digunakan adalah kelas X Merdeka 10 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan rata-rata skor pretest meningkat dari 53.87 menjadi 85.67 pada posttest dengan hasil uji N-Gain, yang menunjukkan rata-rata 0.6999 yang kemudian dapat digolongkan dalam kategori tinggi. Uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001 juga menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioteach

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Journal of Biology science and Biology Education is an open-access peer-reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. The journal aims to be an excellent platform for the exchange of knowledge in the fields of biology science and biology education. It is dedicated to ...