Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Vol 10, No 2 (2025): September 2025

Pengembangan Kurikulum Kontekstual Pak Berbasis Nilai Kristiani Dan Aspirasi Belajar Peserta Didik Menurut Campbell Wyckoff

Santoso, Desy Irawati (Unknown)
Ndolu, Yusthina Hardiyati (Unknown)
Laia, Fernis (Unknown)
Rantung, Djoys Anneke (Unknown)
Stepanus, Stepanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum kontekstual Pendidikan Agama Kristen yang berakar pada nilai-nilai Kristiani dan aspirasi belajar peserta didik, dengan merujuk pada pendekatan pedagogis menurut Campbell Wyckoff. Dalam konteks perubahan zaman dan keragaman kebutuhan peserta didik, kurikulum PAK dituntut untuk lebih relevan, holistik, dan transformatif. Pendekatan kontekstual dipilih karena mampu menghubungkan nilai-nilai iman Kristen dengan realitas hidup sehari-hari peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Campbell Wyckoff menekankan pentingnya pemahaman perkembangan iman anak dan remaja sebagai dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan refleksi teologis-pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAK yang kontekstual harus mempertimbangkan nilai-nilai kasih, keadilan, dan pengharapan dalam Kristus, serta memperhatikan suara dan harapan belajar peserta didik. Rekomendasi yang dihasilkan meliputi desain kurikulum yang dialogis, partisipatif, dan relevan dengan konteks sosial peserta didik, guna membentuk pribadi yang beriman, kritis, dan peduli terhadap sesama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

regulafidei

Publisher

Subject

Religion Education

Description

REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia. Tujuan dari penerbitan jurnal ini adalah untuk memublikasikan hasil kajian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Kristen dan yang ...